Pages

Rabu, 16 April 2014

Remote Control Car

RC-an nyookkk.......

Satu hobi yang di sukai hampir semua kalangan di saat sekarang adalah bermain mobil remote control. terkenal dan banyaknya para pemain, jenis mobil mini kendali jarah jauh terus berkembang, termasuk tantangan yang mesti di hadapi oleh pemain baik dari tipe mobil sampai dengan medan laju mobil. Tapi tahu tidak teman-teman harusbaca.com, sebelum mobil mini berteknologi canggih ada, telah berkembang sebelumnya permainan mobil Clockwork? Itu loh, mobil yang digerakkan dgn memutar tuasnya searah jarum jam. Nah, mobil clockwork ini merupakan mobil mainan yang populer di awal abad lalu,tepatnya tahun 1920-an dan merupakan cikal bakal dari mobil remote control sekarang. 

Ketika permainan ini muncul, pesertanya masih terbatas, tapi enam belas tahun kemudian para pencinta mobil Clockwork di Inggris membesar dan mulai membentuk kesatuan yang mengatur dan mendorong program acara sampai dengan percepatan model mobil. 

Upaya ini tidak sia-sia dengan keluarnya model mobil dari sumber tenaga karet searah jarum jam, serta membuktikan mobil 4WD bisa meningkatkan kecepatan hingga 40 mph dalam waktu 3 detik. Kelebihan lain dari mobil mini tahun itu adalah, berat mobil lebih ringan sampai lima puluh persen dari sebelumnya dan sanggup bergerak lurus sampai garis finish. 

Tahun 1940-an, di Amerika mulai diproduksi mesin bensin miniatur untuk dimasukkan ke dalam mobil mobil mini ini, walau belum seperti mobil remote control sekarang tapi sudah punya kecepatan sampai dengan 60 mph. Dan ditahun ini juga, Amerika membangun sirkuit dengan circular kabel, yang bisa mengontrol miniatur mobil yang dijalankan. 

Mobil kendali remote ini baru benar benar ada di pertengahan tahun 1950-an, Tapi belum sempurna. Sekedar menjalankan perintah maju atau mundur saja. Akhir tahun 1960-an, miniatur mobil padat dengan sistem radio kontrol diperkenalkan. 

Sudah keren pastinya! lengkap dengan kontrol kemudi, pedal gas, dan rem. Dan tahun 1966, mobil remote control komersilpun dijual ke pasaran. Perusahaan asal italia, bernama Elgi, atau Elecctronica Giocatolli, meluncurkan miniatur mobil Ferrari remote control pertama mereka. Sejak saat itu, mobil RC atau remote control berkembang semakin pesat yang membuat pehobi mobil Remote Control semakin besar.

Sumber : Harus Baca

Sejarah Korek Api ZIPPO

ZIPPO dari sahabat :D

Pabrik Zippo didirikan pada akhir tahun 1932 oleh George G. Blaisdell.
Seperti dikutip dari danish56.blogspot.com, produk pertama mulai diluncurkan sekitar bulan Januari dan Februari 1933. Produk mula-mula dipajang di Zippo/Case Visitor Center dengan catatan kecil tulisan tangan Mr. Blaisdell. Inovasi-inovasi dari Zippo sudah dimulai sejak awal berdirinya.
Ketika Zippo pertama kali dikeluarkan, bentuknya memang sudah segi empat. Tapi bentuk sudutnya benar-benar kotak. Sedangkan kini, hampir semuanya, sedikit melengkung pada bagian pinggirnya. Bagian luarnya dibuat dari tabung braso kotak yang dilapis cat atau dilapisi krom. Sementara, engsel antara bagian penutup atas dan tabung bawah ada di bagian luar.
Letak engsel berpindah ke bagian dalam, pada tahun 1936. Dan setiap tahun, dekorasi serta perkembangan terjadi di sana-sini. Tahun 1935 merupakan titik penting bagi pemasaran Zippo saat diluncurkan suatu iklan khusus untuk produk Zippo. Pada 1939, lapisan luar Zippo yang mengandung emas 14 karat diperkenalkan kepada publik.
Ketika Perang Dunia II berlangsung, braso dan krom pun menjadi sulit didapat. Sehingga bahan dari baja yang dijadikan pilihan. Kemudian, warna cat yang dipilih ketika itu yaitu warna hitam. Pendistribusian Zippo model ini ditujukan pada toko-toko di kalangan militer. Akhirnya, fungsi dari korek api gas yang satu ini begitu populer di kalangan militer ketika Perang Dunia II berlangsung. Seorang wartawan legendaris Ernie Pyle menuliskan bahwa korek api Zippo menjadi suatu tuntutan di medan perang dan itu merupakan hal yang paling dirindukan oleh kalangan tentara.
Hampir setiap saat, Zippo mengeluarkan desain-desain yang baru. Baik itu dari jenis bahannya pada bagian tabung maupun permainan warna yang ditampilkan.
Pada tahun 1950, Zippo mencoba hal baru lagi, pembungkus dari kulit hadir di tengah-tengah penggemarnya. Dan pilihan warnanya pun variasi.Ada yang merah, biru, hijau, warna kulit sapi dan lainnya. Ciri lain selama tahun 1950-an, jenis Zippo keluar dengan bentuknya yang sedikit ramping. Sementara pada tahun 1960-an, jenis lapisan emas 14 karat yang ramping pun dikeluarkan. Dan pada tahun 1969, ketika awak astronot dari NASA berhasil mendarat di bulan, maka edisi yang berhubungan dengan angkasa luar ini pun berkembang pesat.
Desain-desain yang berhubungan dengan tim suatu cabang olahraga pun mulai bermunculan. Bahkan lambang-lambang dan nuansa-nuansa dari suatu organisasi-organisai politik pun dibuat desainnya pada beberapa edisi Zippo. Semua desain ini bermunculan tanpa mengubah bentuk dasar Zippo.
Korek api terdiri dari dua bagian dengan engsel yang ketika dibuka akan berdenting keras. Desain dasar ini yang menjadikan Zippo salah satu rancangan yang dikatakan bersifat abadi.

Jokowi Capres???


Inilah politik di negeri Indonesia. Menurut saya, wajar jika politik ada yang pro dan ada yang kontra. Ketika berita seputar Jokowi menjadi CaPres pada pemilu 2014, ada kalangan yang setuju ada pula yang tidak. Saat ini memang Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Wajar saja jika ada beberapa yang tidak setuju dengan keputusannya yang menjadi CaPres di Pemilu 2014. Jokowi adalah CaPres dari partai PDIP nomor urut 4.

Komentar saya, yang terlihat dan terdengar oleh saya bahwa selama Jakarta ditangani oleh beliau, Jakarta menjadi (agak) lebih baik. Ke dalamnya saya tidak tahu. Jadi, jika beliau bisa menangani Jakarta yang beliau atur selama kurang lebih 1,5 tahun, tidak masalah jika beliau maju menjadi CaPres pada pemilu nanti. Jika Jakarta bisa, pasti Indonesia juga bisa dibuat yang lebih baik lagi. Ini menurut saya jika harus berkomentar seputar JKW4P.

Euforia Piala Dunia

Euforia Menyambut World Cup 2014


Hitung mundur menuju pagelaran FIFA World 2014 di Brazil sudah kian menyusut. Tak terasa sudah masuk minggu kedua di bulan Desember, dan sebentar lagi kita sudah memasuki tahun 2014. Tahun yang bagi pecinta sepakbola adalah tahunnya euforia bola mania di seluruh dunia karena adanya ajang empat tahunan ini.Memang tak dapat dipungkiri bahwasanya angan kita sangat jauh bila mengharapkan Indonesia bisa masuk menjadi peserta Piala Dunia, apalagi zona Asia yang sebelumnya dikuasai raksasa seperti Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Arab Saudi, kini bertambah Australia yang memutuskan pindah ke zona Asia yang dinilai lebih kompetitif daripada zona Ocenia. Tak pelak, jatah 4 wakil langsung zona Asia dan 1 jatah play-off kini semakin kompetitif diperebutkan.

Pada Piala Dunia 2014, Asia menempatkan 4 wakil untuk mengikuti turnamen sepakbola ter-akbar di jagat ini. Keempat negarara tersebut adalah : Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Iran. Jordania yang sebelumnya mendapat kesempatan play-off melawan peringkat 5 zona Amerika Latin, akhirnya harus memupus harapan tampil di Piala Dunia 2014 setelah disingkirkan oleh Uruguay.

Pembagian group, Australia berada di Group B yang bisa dibilang berat karena satu group dengan juara bertahan, Spanyol.Sedangkan Jepang yang tergabung dalam Group C, secara teknis keempat negara yang tergabung punya kans lolos, meski Kolombia yang lebih diunggulkan. Iran yang tergabung di Group F harus berjibaku dengan Tim Tango yang mempunyai track record yang lebihcemerlang di Piala Dunia dengan menyandang 2 kali juara dunia. Di Group H, Korea Selatan harus menghadapi tim kuat Russia.


Who is the Winner?

Sumber : Kompasiana

Suasana PiLeg di TPS saya

Pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD Indonesia 2014 diselenggarakan pada 9 April 2014 secara serentak di Indonesia. Ini akan menjadi pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD langsung ketiga di Indonesia.

Foto di TPS 23 Depok Timur

Pemilihan anggota Legislatif ini berlangsung sejak pagi hingga siang hari. Dilanjutkan dengan pemungutan suara pada pukul 14.00 WIB. Pemungutan suara terjadi selama 4 jam lebih kurang. Selama pemungutan berlangsung, terdengar teriakan-teriakan dari masing-masing kubu yang mendukung calonnya tersebut. TPS 23 dari 3 TPS lain (24, 25, 26) adalah TPS yang paling menarik untuk disaksikan saat pemungutan suara. Dua persaingan partai politik pada TPS ini sangat sengit. Partai yang bersaing adalah PAN dan PKS. Akan tetapi, hasil pemungutan dari semua TPS yang ada adalah PAN tidak jauh berbeda dengan partai lainnya seperti PDIP, Gerindra, PKS serta Golkar.

Foto bukti bahwa telah mencoblos

Mencoblos atau tidak itu urusan masing-masing. Wajib tidaknya itu pendapat pribadi. Saya berpendapat wajib. Alangkah baiknya kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang hanya terjadi 5 tahun sekali seperti ini. Toh suara kita juga memiliki peran penting guna perkembangan bangsa dan negara kelak. Wakil yang terpilih lah yang bertanggung jawab untuk mempertanggung jawabkan semua amanat yang telah diberikan padanya.

Augmented Reality

Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas tertambah dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Ilustrasi Game Augmented Reality buatan Asli Indonesia
Augmented Reality Mobile Games
Android Augmented Reality Mobile Games
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.
Teknologi Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang, di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi AR. AR merupakan terobosan  dibidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi ini kita dapat membuat segala hal yang abstrack atau virtual bisa kelihatan nyata atau real.
Teknologi AR sendiri telah dikembangkan dalam berbagai hal, dalam pemanfaatanya teknologi  ini dapat digunakan dalam hal:
  1. Augmented Reality Interactive Games
  2. Augmented Reality Presentation
  3. Augmented Reality Event
  4. Augmented Reality High Tech Environment
  5. Augmented Reality Website
  6. Augmented Reality Promotion

Cloud Computing

Gambar diambil dari sini


Cloud Computing? pasti banyak dari para pembaca yang sudah sering dengar kata tersebut, atau jika belum pernah dengar, mungkin pernah dengar istilah dalam bahasa Indonesia-nya, yaitu “Komputasi Awan”. Ada banyak sudut pandang untuk menjelaskan apa itu Cloud Computing. Mungkin bagi orang awam, ketika baca penjelasan tersebut masih belum jelas. Untuk itu, saya akan coba menjelaskan-nya dengan bahasa yang lebih mudah dengan analogi dibawah ini.
Tentu kita semua adalah para pemakai listrik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa menikmati listrik, kita tidak perlu mendirikan infrastruktur pembangkit listrik sendiri kan? yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN, dan kita tinggal bayar biaya listrik berdasarkan jumlah penggunaan kita tiap bulan. Saat kita butuh daya tambahan karena suatu tujuan khusus (misal-nya kita ada acara nikahan), kita tinggal bilang ke PLN untuk tambah daya, dan suatu saat nanti ketika ingin turun daya lagi, kita tinggal bilang juga ke PLN. Bisa dikatakan penambahan daya listrik ini sifat-nya ELASTIS dan (harus-nya) bisa dilakukan segera.
Ketika memakai layanan listrik dari PLN, kita tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika mereka ada kerusakan alat, bagaimana proses perawatan alat-alat tersebut, dsb. Inti-nya kita cukup tahu bahwa kita bisa menikmati listrik dan berkewajiban membayar biaya tersebut tiap bulan, sedangkan PLN sendiri berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan kita berdasarkan level layanan mereka.
Nah, analogi PLN diatas, adalah sedikit gambaran Cloud Computing, dimana Cloud Computing ini bertugas untuk memberikan layanan dan kita adalah user/pemakai dari layanan tersebut. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mereka (penyedia layananan Cloud Computing) menyedikan layanan tersebut, yang penting mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk biaya layanan kita tinggal bayar berdasarkan pemakaian. Saat kita butuh tambahan layanan, kita bisa meminta segera penambahan layanan tersebut, dan juga sebalik-nya (ELASTIS).
Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini:
  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Platform as a Service (PaaS)
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)
Dibawah ini kita bahas, masing-masing jenis layanan diatas:
  • Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software(perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network(Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain.  Dalam perkembangan-nya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa nikmati dengan menginstall aplikasi tersebut di komputer kita (on-premise) mulai bisa kita nikmati lewat Cloud Computing.Keuntungan-nya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakai-nya. Contoh: Microsoft Office yang sekarang kita bisa nikmati lewat Office 365, Adobe Suite yang bisa kita nikmati lewat Adobe Creative Cloud, dsb.
  • Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. Sebagai analogi, misal-nya kita sewa kamar hotel, kita tinggal tidur di kamar yang sudah kita sewa, tanpa peduli bagaimana “perawatan” dari kamar dan lingkungan-nya. Yang penting, kita bisa nyaman tinggal di kamar itu, jika suatu saat kita dibuat tidak nyaman, tinggal cabut dan pindah ke hotel lain yang lebih bagus layanan-nya. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah: Amazon Web ServiceWindows Azure,  bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS. Keuntungan dari PaaS adalah kita sebagai pengembang bisa fokus pada aplikasi yang kita buat, tidak perlu memikirkan operasional dari “rumah” untuk aplikasi yang kita buat.
  • Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya. Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah: Amazon EC2, Windows Azure (soon), TelkomCloudBizNetCloud, dsb. Keuntungan dari IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut bisa kita rubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage dsb dengan segera.

Sumber : Cloud Indonesia