Pages

Minggu, 02 Oktober 2011

Chrome OS


Pengertian dan Sejarah Chrome OS

Chrome OS adalah sebuah proyek open source yang bertujuan untuk membangun sebuah sistem operasi yang menyediakan pengalaman komputasi yang cepat, sederhana, dan lebih aman bagi orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di web. Di sini kita dapat memeriksa dokumen desain proyek, mendapatkan kode sumber, dan berkontribusi.
OS Google Chrome merupakan open source, sistem operasi ringan yang awalnya akan ditargetkan pada netbook. Kemudian tahun ini akan open source kodenya, dan netbook OS menjalankan Google Chrome akan tersedia untuk konsumen di paruh kedua 2010.
Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan merupakan aspek kunci dari Google Chrome OS. Kami sedang merancang OS untuk menjadi cepat dan ringan, untuk memulai dan membuat Anda ke web dalam beberapa detik. User interface yang minimal untuk tetap keluar dari cara kita, dan sebagian besar pengalaman pengguna terjadi di web. Dan seperti yang kita lakukan untuk browser Google Chrome, kita akan kembali ke dasar dan benar-benar mendesain ulang arsitektur keamanan yang mendasari OS sehingga pengguna tidak perlu berurusan dengan virus, malware dan update keamanan. Itu hanya harus bekerja.
Google Chrome OS akan berjalan di kedua x86 maupun ARM keripik dan kami bekerja sama dengan beberapa OEMs membawa sejumlah netbook ke pasar tahun depan. Arsitektur perangkat lunak sederhana - Google Chrome berjalan dalam sistem windowing baru di atas kernel Linux. Untuk pengembang aplikasi, web adalah platform. Semua aplikasi berbasis web secara otomatis akan bekerja dan aplikasi baru dapat ditulis menggunakan teknologi web favorit Anda. Dan tentu saja, aplikasi ini akan berjalan tidak hanya di Google Chrome OS, tetapi pada setiap browser berbasis standar pada Windows, Mac dan Linux sehingga memberikan pengembang basis pengguna terbesar dari platform apapun.
OS Google Chrome adalah sebuah proyek baru, terpisah dari Android. Android dirancang dari awal untuk bekerja di berbagai perangkat dari ponsel ke set-top box untuk netbook. OS Google Chrome sedang dibuat untuk orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di web, dan sedang dirancang untuk daya komputer mulai dari netbook kecil untuk ukuran penuh sistem desktop. Meskipun ada daerah di mana Google Chrome dan Android tumpang tindih, kami percaya pilihan akan mendorong inovasi untuk kepentingan semua orang, termasuk Google.
Kami mendengar banyak dari pengguna kami dan pesan mereka jelas - komputer perlu mendapatkan yang lebih baik. Orang ingin mendapatkan email mereka langsung, tanpa membuang-buang waktu menunggu komputer mereka untuk boot dan browser untuk memulai. Mereka ingin komputer mereka untuk selalu berlari secepat ketika mereka pertama membeli mereka. Mereka ingin data mereka untuk dapat diakses oleh mereka dimanapun mereka berada dan tidak perlu khawatir kehilangan komputer atau lupa untuk membuat cadangan file. Bahkan lebih penting, mereka tidak ingin menghabiskan berjam-jam mengkonfigurasi komputer mereka untuk bekerja dengan setiap bagian hardware baru, atau harus khawatir tentang pembaruan perangkat lunak konstan. Dan setiap saat pengguna kami memiliki pengalaman komputasi yang lebih baik, manfaat Google juga dengan memiliki pengguna bahagia yang lebih mungkin untuk menghabiskan waktu di Internet.
Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan kita pasti akan membutuhkan banyak bantuan dari komunitas open source untuk mencapai visi ini. Kami sangat gembira untuk apa yang akan datang dan kami harap Anda terlalu. Menantikan untuk update lebih di musim gugur dan memiliki musim panas yang hebat.


Kekurangan dan /kelebihan Chrome OS 

KELEMAHAN BROWSER CHROME :
  • PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
  • LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
  • CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
  • EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
  • BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
KELEBIHAN BROWSER CHROME :
  • TAMPILAN : Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan
  • MODUS PENYAMARAN : Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. Sehingga cocok digunakan untuk mengkases konten yang berbau porno secara diam-diam he he he
  • APLIKASI WEB : Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan underline ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal
  • PENGELOLAAN MEMORY :  Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
  • PENCARIAN : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
  • ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA
Fitur-Fitur Chrome OS

Berikut adalah beberapa fitur unik pada OS berbasis browser tersebut:

* Print berbasis awan melalui Google Cloud Print
* Waktu startup/ boot time kurang dari 60 detik
* Berbagi profil: Satu komputer Chrome OS dapat dibagikan dan diakses dari perangkat Chrome OS lain melalui profil tamu.
* Akses 3G: Semua perangkat Chrome OS akan tersedia dengan built in 3G yang ditenagai oleh Verizon. Tidak ada kontrak dan biaya aktivasi dari Chrome OS.
* Keamanan yang lebih terjamin: Dengan tingkat sandbox dan enkripsi data yang menjamin keamanan perangkat. OS ini juga mampu mendeteksi kode berbahaya dan melepasnya dari kode yang jahat.


Selain itu, partner Chrome OS di bidang jaringan data 3G, Verizon Wireless akan menyediakan jangkuan WAN (Wide Area Network) pada setiap perangkat dengan 100MB data setiap bulannya selama 2 tahun. Paket data Verizon tersebut akan dimulai dari $10 perbulan dan masih belum jelas apa yang didapat dari paket data termurah tersebut.

Semua perangkat Chrome juga akan hadir dengan jaringan WiFi sebagai alternatif 3G. 




Tugas Kelompok 6 Chrome OS
Nama : Pandu Kawula
NPM : 15111493
Kelas : 1KA20 

1 komentar:

obat benjolan di tangan mengatakan...

makasih banyak buat infonya gan,, sangat bermanfaat...


Posting Komentar