E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau
e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan
jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau
jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi infoermasi melihat kegiatan e-dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi
komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain
management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), electronic data interchange /EDI, dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business,
di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi databases, e-surat atau e-mail, dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat
pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di
suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester perdagangan
elektronik menghasilkan penjualan seharga US$12,2 milyar pada 2003. Menurut
laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online
yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat
trilyun dolar US pada tahun 2011.
Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce
Kelebihan e-commerce
· Otomatisasi, menggantikanprosesmanual
· Integrasi, meningkatkanefisiensi& efektifitasproses
· Publikasi, memberikanjasapromosi& komunikasiatasproduk& jasa yang dipasarkan
· Interaksi, pertukarandata/informasi antarberbagai pihak yang akan meminimalkan human error.
· Transaksi, kesepakatan antara pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.
· Otomatisasi, menggantikanprosesmanual
· Integrasi, meningkatkanefisiensi& efektifitasproses
· Publikasi, memberikanjasapromosi& komunikasiatasproduk& jasa yang dipasarkan
· Interaksi, pertukarandata/informasi antarberbagai pihak yang akan meminimalkan human error.
· Transaksi, kesepakatan antara pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.
Kekurangan E-commerce
· Tampilannya sangat sederhana
· Barang yang dijual tidak semuanya ditampilkan
· Penjelasannya barang kurang jelas
· Desain kurang menarik
· Harganya kadang tidak sesuai
· Informasi barang terlalu rumit
· Tampilan produknya kurang jelas
· Produk kurang dikenal oleh masyarakat
· Tampilannya sangat sederhana
· Barang yang dijual tidak semuanya ditampilkan
· Penjelasannya barang kurang jelas
· Desain kurang menarik
· Harganya kadang tidak sesuai
· Informasi barang terlalu rumit
· Tampilan produknya kurang jelas
· Produk kurang dikenal oleh masyarakat
Contoh Web E-commerce
a) KASKUS
- Sejarah
KASKUS didirikan pada tanggal 6
November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan
studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat
KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk
mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui
berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.
Di tahun 2006 KASKUS terpaksa berubah
domain dari .com menjadi .us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang
situs-situs besar Indonesia termasuk KASKUS. Sejak saat itulah alamat situs
KASKUS berubah menjadi kaskus.us, yang juga sekaligus mengartikan bahwa KASKUS
adalah us atau kita.
Pada tahun 2008, Andrew
Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola KASKUS secara
profesional. Situs KASKUS, personel & infrastuktur yang terkait
akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini.
Di tahun 2012 KASKUS
juga meluncurkan versi baru KASKUS 2.0 dimana terjadi penyempurnaan pada
tampilan, navigasi, fitur search, layanan Forum Jual Beli (FJB), serta menambah
server untuk mengakomodir kebutuhan member KASKUS yang telah mencapai lebih
dari 4,5 juta member.
- Kelebihan
a. Pengguna dapat
memposting thread yang diinginkan serta dapat dipublikasikan.
b. Pengguna dapat
membaca dan memberikan komentar pada thread pengguna lain.
c. Pengguna dapat
memanfaatkan fitur jual-beli yang terdapat pada situs untuk transaksi online.
d. Pengguna dapat
berbagi dan mendapatkan informasi menarik dari situs ini.
e. Pengguna dapat
berinteraks dengan pengguna lain melalui forum.
f. Pengguna dapat
mengetahui berita terbaru seputar politik, gadget, dll.
- Kekurangan
a. Terdapat fitur
jual-beli yang dapat disalahkan penggunaannya oleh pengguna.
b. Sering terjadi
kesalahpahaman jika terdapat thread yang menyimpang dari topic.
c. Terdapat
oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan situs untuk melakukan tindakan
kriminalitas.
d.
Pengguna/pembeli tidak mengetahui penjual di dalam forum tersebut benar atau
hanya HOAX.
Menurut saya situs kaskus merupakan situs besar yang tidak
hanya melakukan kegiatan e-bussiness dan e-commerce tetapi merupakan situs
sosial media yang digunakan untuk bercakap-cakap dengan pengguna yang lain.
Situs ini sudah bagus, tetapi banyak account yang dibuat oleh pengguna tidak
bertanggung jawab untuk melakukan suatu kegiatan SARA, dll. saran saya, jika
ingin melakukan aktivitas jual-beli pada situs ini, maka lihat seberapa banyak
post serta cendol yang diberikan oleh pengguna lain terhadap postingan.
b) TOKOBAGUS.COM
- Sejarah
Tokobagus merupakan sebuah situs
iklan baris yang memungkinkan orang melakukan kegiatan jual beli secara online.
dengan adanya fasilitas internet, maka kegiatan jual dan beli tidak harus
dilakukan dengan cara bertatap muka, sekarang semuanya dapat dilakukan secara
online. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya pengguna internet yang
berada diseluruh indonesia sehingga memudahkan dalam kegiatan jual beli yang
tidak mengenal tempat dan waktu.
Tokobagus.com merupakan salah
satu site jual beli yang terbaik di Indonesia saat ini, Tokobagus tempat
berkumpulnya para penjual dan pembeli terbesar di Indonesia.Anda bisa menemukan
beraneka ragam barang dan jasa di tokobagus.com.Dengan dukungan komunitas jual
beli terbesar di Indonesia,berjualan di Toko bagus akan sangat menguntungkan
sebab akan banyak peluang pembeli untuk melihat dan akhirnya membeli barang
yang anda tawarkan.
Asal nama dari tokobagus berasal dari
kata "toko" dan "bagus", kata toko dipakai dengan tujuan
agar pengguna dapat membuat toko online sendiri sedangkan kata bagus didapat Arnold dari
melihat nama toko yang berada di Indonesia.
- Kelebihan
a. Pengguna
dimudahkan untuk mendaftar pada situs ini.
b. Terdapat
banyak pengunjung pada situs ini.
c. Publikasi
melalui iklan di televisi membuat tokobagus.com terkenal.
d. Terdapat
fasilitas verified account untuk penjual terpercaya.
e. Terdapat
banyak kategori barang, sehingga memudahkan pembeli memilih barang yang akan
dibeli.
- Kekurangan
a. Transaksi online pada tokobagus
bersifat sedikit tidak aman, karena tokobagus hanya perantara jual-beli online.
b. Cara
pembayaran melalui transfer bank sehingga tidak membuat aman pembeli.
c. Kualitas
barang yang dijual tidak dapat diketahui karena perdagangan bersifat online dan
tidak dapat dilihat, kecuali melakukan pertemuan untuk melihat barang.
Menurut saya situs ini sudah lumayan bagus, tetapi situs ini
hanya perantara penjual dan pembeli bukan merupakan situs resmi yang dikelola
sendiri oleh pembuat untuk melakukan kegiatan ecommerce dan ebussiness sendiri,
sehingga membuat sedikit tidak aman dalam melakukan transaksi online.
c) BERNIAGA.COM
- Sejarah
berniaga.com terletak Menara Prima 22nd
Floor Unit F, Jl Lingkar Mega Kuningan Blok 6.2, Jakarta. Berniaga.com
merupakan situs iklan baris yang terdapat di Indonesia yang bertjuan untuk
kegiatan ecommerce dan ebussiness, situ ini beroperasi dibawah perusahaan PT
701Search, sebua perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara
Singaore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM).
berniaga.com sudah beroperasi sejak bulan desember 2009 dan menawarkan
oemasangan iklan secara gratis pada berbagai kategori seperti kendaraan,
elektronik, dan sebagainya.
- Kelebihan
a. Situs
berniaga.com buka 24 jam
b. Terdapat
banyak kategori barang yang dijual.
c. Konten barang
yang dijual jelas baik dari tipe, serta harga barang.
d. Situs ini
memberikan pasang iklan secara gratis.
- Kekurangan
a. Pemesanan
barang lebih lama karena harus menghubungi penjual barang terlebih dahulu tidak
bisa langsung chatting saat itu juga.
b. Kondisi barang
yang dijual tidak diketahui kelayakannya karena pembeli tidak dapat melihat
barang terlebih dahulu.
c. Kurangnya
keamanan dalam transaksi online.
Menurut saya
situsberniaga.com sudah bagus tetapi sebaiknya ditambahkan klasifikasi penjual
yang berkualitas dan bertanggung jawab, sehingga konsumen tidak tertipu.