Pages

Jumat, 27 September 2013

Tips & Trick mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Sebelumnya sudah saya jelaskan sedikit tentang alasan mengapa kita harus belajar Bahasa Indonesia lagi. Sekarang, saya akan memberikan beberapa tips untuk mempelajari penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penggunaan bahasa sehari-hari yang mencampur adukan antara bahasa Indonesia dengan bahasa tren jaman sekarang atau "gaul", sudah mendarah daging dikalangan warga Indonesia. Mungkin hanya sebagian kecil dari mereka yang paham akan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (walaupun dalam kehidupan sehari-hari). Bahasa yang kita gunakan merupakan salah satu penilaian orang lain tehadap diri kita. Dengan mendengar lisan kita berbicara, orang lain dapat menilai karakter kita itu seperti apa. Oleh karena itu, ubahlah cara berbicara kita dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tidak hanya secara lisan, secara tulisan pun kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tak jarang dari kita yang mengabaikan tata cara penulisan yang baik dan benar. Anda tau SMS? Blackberry Messenger? Kedua media komunikasi tersebut menggunakan ketikan alfabetik yang menghasilkan tulisan pada telepon genggam. Akui saja, kita menggunakan kedua media komunikasi tersebut dengan bahasa "gaul" bukan? Ya memang seperti itu. Itu dikarenakan kita sudah terbiasa dengan bahasa keseharian yang kita gunakan sehari-harinya.

Berikut tips & trick bagaimana mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Lingkungan keluarga sangatlah penting. Istilahnya keluarga adalah guru pertama seorang anak. Ajari anak-anak Anda bagaimana menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Di sekolah tentu kita sudah belajar pelajaran bahasa Indonesia. Maksimalkan lah waktu belajar tersebut. Baik sekolah dasar (SD), SMP, atau SMA. Bahkan sampai Anda kuliah pun. Jika Anda sudah tidak berstatus pelajar, Anda masih dapat belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui buku-buku, ebook, media internet banyak tersedia yang membahas tentang tata cara belajar bahasa Indonesia yang benar.
  • Biasakan berbahasa yang baik dan sopan. Baik secara lisan ataupun tulisan. Lisan dapat Anda lakukan dengan sahabat atau keluarga (lingkup kecilnya). Dan secara tulisan dapat Anda biasakan dengan mengetik media komunikasi seperti SMS, Blackberry Messenger, atau sosial media lainnya.
Ada istilah "Bisa karena terbiasa" menurut saya itu benar adanya. Jadi, bila Anda membiasakan berpola hidup baik yang dimulai dengan cara berbicara Anda atau cara menulis sebuah tulisan, tentu Anda akan terbiasa dengan hal itu. Jangan malu untuk belajar menjadi yang lebih baik.

6 komentar:

hilman mengatakan...

Terima Kasih banyak ya mas atas infonya, saya izin copy materi nya buat tugas. Makasih

guru privat jakarta mengatakan...

wah mas admin dengan artikelnya kita dapat menyadari bahwa bahasa indonesia kita masih sangat kurang. terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini semoga menjadi masukan untuk kami sebagai guru les privat ke rumah menjadi lebih memerhatikan bahasa indonesia kita

kianus.mirib mengatakan...

Terima kasih atas artikel yang anda bagikan, karena itu sudah sangat membantu saya.

Unknown mengatakan...

Trimakasi atas, informasi yg d brikn

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas informasinya, ini sangatlah membantu.

Unknown mengatakan...

Trimakasih guru atas informasinya.saya akan terus belajar belajar dan belajar.

Posting Komentar