Pages

Rabu, 22 Januari 2014

Perbedaan XBOX One dengan PS4

xbox-one-vs-ps4

Mendengarnya saja saya baru sekali ini bahwa kedua pesaing antara Microsoft dengan SONY kembali merilis teknologi terbarunya. Melihat pun saya belum pernah. Karena pembahasan tugas mengenai perbedaan kedua elektronik tersebut, maka saya mengambil bahan dari salah satu situs web yang membahas persoalan ini.

Edge-online telah memposting artikel menarik tentang perbedaan kekuatan antara PS4 dan Xbox One. Berikut adalah kutipannya : PlayStation 4 saat ini sekitar 50 persen lebih cepat dari saingannya, Xbox One. Beberapa sumber pengembang game tingkat tinggi telah menggambarkan perbedaan kinerja antara kedua konsol sebagai “signifikan” dan “jelas“.

Kontak kami telah memberitahu kami bahwa memori pembaca pada PS4 adalah 40-50 persen lebih cepat dari Xbox One, dan ALU-nya (Arithmetic Logic Unit) adalah sekitar 50 persen lebih cepat. Salah satu contoh dasar kami disarankan tidak melakukan optimasi untuk konsol, pengembangan platform agnostik dapat dijalankan sekitar 30fps pada resolusi 1920×1080 di PS4, sedangkan pada Xbox One hanya berjalan dikisaran 20 fps pada resolusi 1600×900. “Salah satu kelemahan pada Xbox One adalah penggunaan ESRAM-nya“, demikian dikatakan oleh salah satu pengembang game.

Microsoft menyadari masalah itu, sehingga baru-baru ini Microsoft segera menaikkan kecepatan clock Xbox One, dan bekerja keras untuk menutup kesenjangan antara PS4 tersebut, meskipun salah satu pengembang menragukan langkah yang dilakukan Microsoft tersebut dengan mengatakan, “Update kecepatan clock tidak akan signifikan, tidak akan mengubah banyak hal, namun langkah tersebut memang harus dilakukan, dari pada tidak ada tindakan sama sekali“.

Sumber lain mengatakan, tidak adanya penguncian hardware yang dilakukan pada kedua konsol. Sony dan Microsoft masing-masing masih mengerjakan driver grafis untuk setiap konsol, dan Xbox One tertinggal dalam hal ini. “Microsoft terlambat mengerjakan driver mereka dan hal tersebut merupakan pukulan bagi Microsoft”, ungkap salah satu sumber. Driver grafis pada Xbox One digambarkan sebagai sesuatu yang “mengerikan“. Driver grafis kedua konsol akan terus ditingkatlan sampai saat peluncuran keduanya, dan Microsoft akan berusaha mengejar ketertinggalannya sampai perbedaan performa yang sesedikit mungkin.

PS4-vs-Xbox-One

Namun demikian, Xbox One masih memiliki keunggulan dari PS4 pada unsur lainnya. “Katakanlah anda menggunakan generasi prosedural atau raytracing melalui permukaan parametric, yaitu menggunakan banyak memori untuk menulis, dan tidak banyak menggunakan ALU untuk tekstru, Xbox One kemungkinan besar akan lebih cepat dari PS4″, demikian diungkapkan oleh pengembang lainnya.

Kedua perusahaan pengembang platform konsol tersebut tentu saja mendorong pengembang untuk mengambil keuntungan dari fitur unik masing-masing konsol (misalnya touch pad DualShock 4 dan Kinect), tapi ada sedikit antusiasme antara pengembang-pengembang yang diajak berbicara oleh Edge-online. “Sony dan Microsoft menginginkan para pengembang membuat sesuatu yang berbeda dari platform mereka masing-masing, sehingga memberikan pijakan yang kuat pada konsol mereka masing-masing untuk saling mengungguli satu sama lain, tetapi tanpa adanya alasan yang kuat untuk melakukan hal tersebut atau insentif yang baik, para pengembang mungkin tidak akan mau melakukan hal tersebut”, demikian diungkapkan salah satu pengembang.

Memang, walaupun ada jurang yang cukup lebar dalam hal kecepatan, perbedaan lintas platform dengan jeda peluncuran permainan akan diabaikan, karena tenggat waktu yang ketat antara peluncuran kedua konsol, sehingga lebih bijaksana bagi pengembang untuk sengaja membuat versi yang hampir identik untuk kedua konsol game tersebut.

Sumber: http://indo-review.com/perbedaan-sesungguhnya-antara-ps4-dengan-xbox-one/


0 komentar:

Posting Komentar