Pages

Rabu, 12 Maret 2014

Masalah pada Bus Transjakarta impor

Tidak hanya masalah bencana banjir yang sedang dialami oleh Jakarta. Masalah lain yang terjadi ialah transportasi. Bus Transjakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) merupakan ikon sarana angkutan kendaraan umum yang ada di Jakarta. Dengan harga yang tidak murah untuk membeli kendaraan tersebut tetap tidak bisa lepas dari masalah teknis maupun fisik dari kendaraan tersebut.

Ini daftar kerusakan bus Transjakarta baru impor dari China

Bus Kota Terintegrasi Busway yang diimpor langsung dari China baru datang saja sudah mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi ada pada fisik kendaraan. Beberapa komponen bus yang baru datang sudah berkarat. Timbul banyak alasan dari berbagai pihak bahwa kejadian ini disebabkan oleh cuaca buruk sehingga bus terlalu lama berada di kapal dan terkena air laut. Dan juga adanya jaminan bahwa kerusakan tidak terjadi pada mesin bus ini. Seolah tidak mempermasalahkan hal tersebut dan memudahkan pengambilan keputusan dengan cukup mengganti beberapa bagian yang rusak.

Saat ini, produsen domestik sudah mampu menjadi pemasok bagi DKI Jakarta karena hingga saat ini kurang lebih 95% dari populasi bus dan truk di Indonesia dirakit di dalam negeri. Kalimat tersebut merupakan ungkapan dari Menteri Perindustrian, M. S. Hidayat.

"Mudah-mudahan dia teringat kembali kalau commercial vehicle, truk dan bus 95% itu dibuat di dalam negeri", ungkap beliau. Jika dipahami kata-kata tersebut tertuju untuk Sang Gubernur DKI Jakarta.

The point is, produsen bus lokal kalah dalam proses tender penyediaan bus Transjakarta dari produsen bus dari negara lain.

0 komentar:

Posting Komentar