Pages

Rabu, 12 Maret 2014

Perbedaan antara Windows 8 dengan Windows 8.1

Bicara tentang Windows, windows adalah salah satu sistem operasi atau sering dikenal dengan sebutan OS (Operating System) dimana sampai sejauh ini sudah beberapa kali melakukan perombakan. Beberapa kali melakukan update untuk memberikan fitur-fitur terbaru yang semakin baik tentunya. Versi terbaru dari sistem operasi ini adalah Windows 8.1. Windows 8.1 ini merupakan upgrade dari versi sebelumnya yaitu Windows 8. Berikut perbedaan antara Windows 8 dengan Windows 8.1.

Ukuran Tile
Pada Windows 8.1 lebih mengubah ukuran tile sesuai yang diinginkan. Dapat di ubah ke dalam beberapa ukuran, yakni Large, Wide, Medium dan Small. Lebih fleksibel.

Windows 8
Windows 8 vs Windows 8.1

Windows 8.1
Windows 8 vs Windows 8.1

Group Tile
Pada Windows 8, ada 4 langkah untuk mengubah nama group tile. Sedangkan pada Windows 8.1 hanya dengan klik kanansalah satu tile di group tersebut dan mengisikan nama group. Lebih mudah dan cepat.

Personalisasi Start Screen
Mengubah warna dan background Start Screen Windows 8.1 cukup dengan klik kanan -> personalize dan menu personalisasi akan muncul. Berbeda dengan Windows 8 yang harus melalui PC Settings.

App List
Untuk mengakses daftar aplikasi harus melakukan klik kanan dan menekan tombol All Aps pada Windows 8. Dan begitulah adanya. Tidak bisa diurutkan. Sedangkan pada Windows 8.1, tombol tersebut sudah tersedia di bawah Start Screen serta dapat diurutkan sesuai dengan nama, tanggal instal, sering tidaknya digunakan dan juga sesuai kategori. Ditambah dengan Form pencarian di kanan atas dari daftar aplikasi untuk memudahkan mencari aplikasi yang diinginkan.

Menu Shut down
Menu yang muncul pada Windows 8.1 saat tombol Start di klik kanan dilengkapi dengan menu shut down, sleep, sign out dan restart. Dengan demikian akan lebih cepat proses mematikan PC.

Fitur pencarian (Search)
Pada Windows 8, untuk fitur pencariannya masih bersifat local. Sedangkan pada Windows 8.1 fitur tersebut sudah melibatkan pencarian di Web dengan tampilan bentuk menu drop down.

Computer menjadi This PC
Folder Computer pada Windows 8 berubah nama menjadi This PC di Windows 8.1.

Libraries
Pada Windows 8.1 folder Libraries yang berisikan Document, Music, Pictures dan Videos telah dihilangkan. Isi folder tersebut diintegrasikan langsung dengan folder This PC.

Windows Store
Windows Store pada Windows 8.1 telah dirombak total. Baik secara tampilan maupun fitur. Tampilan barunya ini dapat memudahkan dalam pencarian aplikasi yang diinginkan.

Perbedaan-perbedaan di atas hanya beberapa saja dari semua perbedaan yang ada antara Windows 8 dengan Windows 8.1. Selengkapnya silahkan baca artikel lain.

0 komentar:

Posting Komentar