Pages

Minggu, 17 November 2013

Keistimewaan aplikasi Path


Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dalam smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat.

Path memadukan fitur2 yang sudah ada pada socmed dalam satu aplikasi. Bayangkan betapa rumitnya aplikasi tersebut apabila memiliki fitur sebanyak itu. Namun ternyata, Path dengan jeniusnya berhasil meramu sebuah user experience yang sangat apik yang juga memudahkan kita melakukan navigasi di dalam aplikasi tersebut. Tampilannya tetap sederhana tapi kaya akan fitur dan enak dipandang.

Path memang dirancang sebagai media sharing dengan kerabat atau teman dekat kita saja. Klo di Facebook atau Twitter memang tujuannya mengadd atau difollow sebanyak mungkin orang, di Path justru sebaliknya. Path malah membatasi jumlah teman yang bisa dishare. Sehingga kita bisa benar-benar memilah dan memilih siapa yang akan kita share sehingga kita tidak perlu ragu konten yang kita share tidak appropriate atau terlalu personal karena yang ada di sana hanyalah teman-teman dekat kita. Dengan batasan jumlah share, kita juga tidak perlu merasa “tidak enak” kalau tidak mengaprove orang yang tidak betul-betul kita kenal atau tidak ingin kita share. Path saat ini hanya tersedia untuk iOS device dan Android. Sepertinya Path berusaha menjaga eksklusifitasnya dengan tidak membuat web apps. Jadi, bagi yang punya iOS device dan Android, silahkan dicoba aplikasi ini dan pastikan kita hanya share ke orang-orang yang kita benar-benar kenal dan dekat dengan kita

Path, jejaring sosial serupa tapi tak sama dengan Facebook, memiliki keunggulan karena hanya memperbolehkan orang-orang terdekat sebagai teman. Path hanya memberi jatah 150 teman di jejaring sosial ini, sehingga pengguna harus pintar memilah teman di jejaring sosialnya.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Path antara lain:
  •        Profil
Fitur Profil memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path pengguna. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat menyambungkan setiap momen yang diunggah. Path dapat mengunggah momen dari pengguna ke dalam beberapa jejaring sosial lainnya seperti FacebookFoursquareTumblr dan Twitter.

  •  Belanja
Fitur belanja merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Path yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa pilihan saringan untuk foto dan video. Setiap stiker dan filter yang tersedia dalam fitur ini merupakan produk berbayar.

  •  Mengunggah Foto dan Video
Fitur lain dari Path adalah foto dan video di mana pengguna dapat mengunggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia. Untuk unggahan video, pengguna dapat mengunggah video yang ada dengan batas waktu tertentu. Mengunggah foto dan video dapat dilakukan dengan mengambil data yang tersedia di dalam telepon seluler ataupun mengambil foto dan video baru.

  • Mengunggah Lokasi
Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain. Fitur ini dapat tersambung dengan jejaring sosial Foursquare apabila pengguna memiliki akun di jejaring sosial tersebut. Penandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia melalui Foursquare.

  • Musik, Film, Buku
Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya. Data dari musik, film, dan buku dapat diambil dari arsip Path sendiri. Pengguna terlebih dahulu mencari judul dari lagu, film, dan buku yang diinginkan dan kemudian dipilih untuk dibagikan dengan pengguna lain.

  • Mengunggah Status
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Fitur-fitur Path ini dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu post.

  • Tidur
Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian. Pada saat mode tidur sedang aktif, pengguna tidak dapat mengakses halaman Path sebelum tombol bangun ditekan. Apabila pengguna mengaktifkan fitur ini maka akan muncul status tidur di halaman pengguna sendiri dan pengguna lainnya. Demikian pula halnya apabila tombol bangun ditekan kemudian.

  • Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain
Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna yang akan menerima pesan haruslah terlebih dahulu menjadi teman dari pengguna. Pesan pribadi ini dapat menggunakan huruf, emoticon maupun stiker yang dapat didapatkan dari fitur belanja.

  • Komentar
Fitur komentar dapat digunakan untuk setiap jenis momen yang ada seperti foto, status, musik, dll.

  • Emosi
Emosi yang dapat dipilih adalah “senyum”, “berkerut”, “terkejut”, “tertawa”, dan “suka”. Setiap emosi yang dipilih oleh pengguna lain atas momen yang diunggah akan terlihat pada momen tersebut.

  • Terlihat
Setiap pengguna yang telah melihat momen yang diunggah akan terlihat di bagian khusus dan dapat diakses oleh setiap pengguna.

Path telah menjadi salah satu dari sosial media yang patut diperhatikan. Path menjadikan berbagi momen lebih mudah dan juga lebih interaktif. Pengembangan dari Path yang ada menjadikan jejaring sosial ini terkenal dan menarik banyak pengguna. Fitur-fitur yang tersedia dalam jejaring sosial ini menggabungkan beberapa fitur yang terdapat dalam jejaring sosial lain ke dalam satu kemudahan.

Satu lagi, pihak Path menyatakan, Indonesia masuk tiga besar negara dengan jumlah pengguna Path terbanyak hingga kuartal dua tahun 2013.

0 komentar:

Posting Komentar